PA. Rantau Kedatangan HATIBINWASDA PTA Banjarmasin

PA. RANTAU KEDATANGAN HATIBINWASDA PTA BANJARMASIN

Pengawasan dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 22s/d 23 Mei 2017, dimulai dengan acara sambutan Ketua Tim yang dilaksanakan di ruang sidang Pengadilan Agama Rantau. Tim yang diketuai oleh Drs. Izzuddin, S.H.,M.H., menjelaskan bahwa agenda pengawasan dan pembinaan ini adalah agenda rutin dari Hatibinwasda yang dilaksanakan sekali dalam setiap tahunnya. Pengawasan dan pembinaan ini meliputi 5 hal yaitu: Manajemen Peradilan, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan, Administrasi Umum dan Pelayanan Publik,. Oleh karena itu dimohonkan kepada seluruh pegawai baik dari hakim, kepaniteraan dan kesekretariatan untuk menyiapkan apa-apa yang nantinya diminta oleh Tim Pengawas Daerah.

Setelah dua hari berlangsung pengawasan, maka pada hari Selasa, tanggal 23 Mei 2017 diadakan expose di ruang sidang utama Pengadilan Agama Rantau. Dalam expose yang langsung dipimpin oleh Ketua Tim tersebut menyampaikan beberapa hasil temuan. Tim menyatakan bahwa dari hasil pengawasan ini untuk Pengadilan Agama Rantau sudah baik, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti halnya dalam hal penyerapan anggaran agar lebih digenjot lagi, apalagi sekarang sudah mendekati pertengahan tahun 2017, karena dari laporan penyerapan anggaran sampai bulan ini masih belum maksimal. Di bagian kepaniteraan tidak ditemukan hal-hal yang prinsip hanya ada beberapa kesalahan penulisan, SIPP sudah berjalan dengan baik, di kepegawaian sudah cukup baik pelayanan publik  sudah baik, sub bagian umum sebaiknya barang-barang yang sudah rusak untuk segera diadakan penghapusan dan setelah dihapus dimintakan kembali pada tahun anggaran selanjutnya.

Selanjutnya setelah acara expose Ketua Tim menyatatakan ucapan terima kasih kepada keluarga besar Pengadilan Agama Rantau yang telah menerima dan bekerja sama dengan Tim Pengawas Daerah PTA Banjarmasin dan berpesan untuk tetap mempertahankan hal-hal yang sudah baik dan segera menindaklanjuti  beberapa temuan pengawasan pada tahun 2017 apalagi PA. Rantau ini mempunyai dan menempati gedung baru yang tentunya harus ditopang oleh prilaku manajemen yang baik. pada kesempatan tersebut  Ketua Tim langsung menyerahkan Laporan Hasil Pembinaan dan Pengawasan kepada Ketua Pengadilan Agama Rantau.

Sebelum tim meninggalkan gedung PA. Rantau dilaksanakan foto bersama Tim Hatibinwasda Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dengan keluarga besar Pengadilan Agama Rantau.

 

Konsep by Hj. ST Zubaidah, S.Ag., S.H., M.H,

Editor : TIM IT PA Rantau

Related Post

Leave a Reply