Ketua PA Rantau Pimpin Apel Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017

Ketua PA Rantau Pimpin Apel Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017

Jumat 10 Nopember 2017 Pengadilan Agama Rantau menyelenggarakan apel peringatan hari pahlawan yang ke-72 di Halaman Kantor Pengadilan Agama Rantau. Ketua PA Rantau Drs. H. Rakhmat Hidayat, HS., S.H., MH  secara langsung bertindak sebagai pembina apel didampingi oleh Abdul Muluk, A.md selaku ajudan, Iskandar, S.EI mendapatkan amanah untuk menjadi pembawa acara dan Zahrudin Efendi, S.kom membacakan naskah Undang-Undang Dasar 1945. Acara di hadiri oleh Wakil Ketua PA Rantau, para hakim, seluruh pejabat fungsional dan struktural, karyawan dan honorer di Lingkungan Pengadilan Agama Rantau.

Ketua PA Rantau Drs. H. Rakhmat Hidayat, HS., S.H., MH  menyampaikan pesan-pesan perjuangan atau kata-kata mutiara dari para pahlawan nasional mulai dari pesan pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang hingga Ki Hajar Dewantara. ‘berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya’.  Kutipan dari pidato Ir. Soekarno di hari pahlawan 10 November 1961. Dengan  lantang dan semangat Ketua PA Rantau menguraikan satu persatu pesan pahlawan seperti halnya semangat para pejuang yang harus diteladani bangsa Indonesia.

Sementara itu dalam amanatnya apel kali ini merupakan momentum bagi kita semua untuk mengenang jasa pahlawan yang telah mendahului kita dan rela berkorban demi tegaknya Negara Kesatuan republik Indonesia. Oleh karena itu beliau mengingatkan kepada seluruh peserta upacara untuk betul-betul memaknai  jerih payah para pejuang kemerdekaan meski nyawa mereka menjadi taruhannya yaitu dengan cara selalu menjaga kesatuan Republik Indonesia dengan cara berperilaku positif dan tidak melakukan hal-hal yang dapat memecah-belah dan mengusik kerukunan antar sesama dan sebagainya. Di sela amanat, beliau juga menghimbau kepada ASN Pengadilan Agama Rantau untuk ikut serta mensukseskan penerapan pembangunan Zona Integritas di Wilayah Pengadilan Agama Rantau sebagai komitmen pimpinan dan jajaran untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah bebas bersih melayani.

Peringatan Apel hari Pahlawan di PA Rantau berlangsung khusuk, pembacaan Doa dari Panitera PA Rantau Drs. Masduki mengakhiri rangkaian kegiatan apel tersebut serta setelah penghormatan kepada pembina apel, Komandan Apel Nor Hendra Riyadi, S.H membubarkan barisan.

Konseptor Iskandar, SEI

Related Post

Leave a Reply