PENERIMAAN MAHASISWA PRAKTIKUM STAI DARUSSALAM MARTAPURA

PENERIMAAN MAHASISWA PRAKTIKUM STAI DARUSSALAM MARTAPURA

Untuk kesekian kalinya Pengadilan Agama Rantau kembali menjadi pilihan  Praktikum mahasiswa Fakultas Syariah STAI Darussalam Martapura. Mahasiswa dan Mahasiswi melaksanakan praktikum dalam rangka mengimplementasikan dan membandingkan apa yang telah dipelajari di kampus selama masa perkuliahan dengan dunia kerja yang sesungguhnya.

            Acara penerimaan mahasiswa secara resmi dilaksanakan pada hari Senin, 20 November 2017 pukul 14.00 Wita di ruang sidang utama Pengadilan Agama Rantau. Acara  pertama  diawali  pembukaan  yang  dipandu  oleh  Hj. St. Zubaidah, S.Ag.,S.H.,M.H., yang bertugas sebagai MC sekaligus Pembimbing Praktikum, yakni dengan bacaan basmalah yang dilanjutkan dengan sedikit kata pengantar,  yang memberikan informasi tentang kehadiran mahasiswa-mahasiswi tersebut sebanyak 10 orang yang didampingi oleh Supervisor Hj. Lusiana, S.H.,M.Pd. yang mewakili STAI Darussalam Martapura.

Acara berikutnya adalah sambutan dari STAI Darussalam Martapura dalam hal ini disampaikan oleh Hj. Lusiana, S.H.,M.Pd., yang menuturkan supaya para mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater karena kerjasama yang dibina selama ini merupakan hal yang konstan bagi mahasiswa(i) yang sudah berada pada semester VII dan sudah lulus dalam mata kuliah Hukum Acara Perdata (Peradilan Agama) dan Administrasi Peradilan dimana akan dapat melihat secara langsung proses persidangan sehingga pada akhirnya dapat lebih memahami antara teori dan prakteknya, beliau juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas nama pihak STAI kepada pihak Pengadilan Agama Rantau yang telah bersedia menerima mahasiswa (i) untuk praktikum, memperdalam ilmu di sini.

Selanjutnya Ketua PA. Rantau Drs. H. Rakhmat Hidayat, HS.,S.H.,M.H.., dalam sambutannya menerima dengan baik kedatangan mahasiswa Praktikum STAI Darussalam Martapura di Pengadilan Agama Rantau, dengan harapan antara mahasiswa dengan Pengadilan Agama Rantau saling memberi manfaat, pihak pengadilan memberikan bimbingan  kepada mahasiswa dalam praktek administrasi peradilan dan pihak mahasiswa bisa membantu pekerjaan pegawai dalam tugas-tugas administrasi dan lain-lain, dengan syarat para mahasiswa harus mematuhi disiplin dan tata tertib di Pengadilan Agama Rantau termasuk jam masuk dan pulang kantor selama melaksanakan praktikum di Pengadilan Agama Rantau.

Disamping itu Wakil Ketua PA. Rantau, Dra. Hj. Noor Asiah, mengucapkan Selamat datang di Pengadilan Agama Rantau. Kami merasa bangga karena diberikan kepercayaan dari STAI Darussalam Martapura untuk memberikan bimbingan mahasiswa dalam prosedur berperkara pada Pengadilan Agama Rantau, Beliau juga berpesan kepada para mahasiswa agar senantiasa menjaga kesopanan dan kedisiplinan dan juga berpesan agar memanfaatkan waktu selama praktim di Pengadilan Agama ini untuk menimba ilmu, jangan malu-malu untuk bertanya tentang administrasi perkara dan persidangan, tandas beliau.

Praktikum yang dilaksanakan mulai tanggal 20 November 2017 s/d 20 Desember 2017, yang selama itu pula para mahasiswa akan menerima materi yang terkait  dengan masalah penyelenggaraan peradilan dan  mereka juga akan melihat secara langsung proses penanganan perkara di Pengadilan Agama Rantau, mulai dari penerimaan, pemanggilan para pihak, persidangan, dan pengarsipan berkas perkara. Sedangkan yang bertugas sebagai pamong yang akan mengarahkan dan mendampingi para mahasiswa adalah Hj. St. Zubaidah S.Ag.,S.H.,M.H. yang telah ditunjuk oleh Ketua PA. Rantau Drs. Rakhmat Hidayat, HS., S.H.,M.H. dengan Surat Penunjukan Nomor W15-A8/1468/Kp.04.6/11/2017 tertanggal 17 Nopember 2017. Kemudian acara diakhiri dengan ucapan hamdalah.

Konseptor : Hj. St. Zubaidah S.Ag.,S.H.,M.H.

Related Post

Leave a Reply