Benahi Sistem Pelayanan, PA Rantau adakan DDTK Pelayanan Publik

Sesuai program kerja Pengadilan Agama Rantau Tahun 2018, Ketua PA Rantau Drs. H. Rakhmat Hidayat, HS., SH., MH., terus melakukan pembenahan guna memberikan pelayanan terbaik terhadap para pihak pencari keadilan dan informasi lainnya. Kamis 22 Pebruari 2018 Pengadilan Agama Rantau telah melaksanakan Diklat Ditempat kerja berkenaan dengan pelayanan publik. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh karyawan-karyawati pengadilan Agama Rantau serta tidak terkecuali Siswa/i SMK Negeri 1 Rantau yang sedang Praktek Kerja Lapangan di PA Rantau. Ketua PA Rantau secara khusus Memilih karyawan  BRI cabang Rantau untuk menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut karena beliau berharap Pelayanan di PA Rantau dapat menjadi lebih baik seperti di Bank-Bank pada umumnya dan sesuai standar pelayanan publik.

Karyawan BRI cabang Rantau Rizkia Shanty Januari dan Yeshinia Ayu Anggraini memberikan arahan-arahan dan pengalaman mereka di Bank terutama pada saat berada di front liner. Terlebih karena di bank lebih kearah bisnis maka pelayanan adalah yang paling utama seperti menyambut nasabah tidak terkecuali kemampuan seorang satpam dan karyawan front liner lainnya. Kunci pertama yaitu jangan cemberut atau selalu tersenyum ketika melayani nasabah ungkap Shanty dalam membuka pemaparannya.

Yeshinia Ayu Anggraini memberikan materi tentang tips kunci pelayanan untuk menjadi pelayanan prima di suatu instansi antara lain Skill, Attitude, penampilan dan lain-lain. Hak-hak nasabah dan standard meja kerja juga menjadi hal yang diperhatikan pula.  Di tengah acara pemateri juga melakukan simulasi seperti layaknya pelayanan di perbankan begitu juga sebaliknya petugas pelayanan Informasi di PA Rantau secara langsung mempraktekkan kegiatan pada simulasi tersebut seperti menyambut (meet and greet), mendengarkan pembicaraan atau keluh kesah serta menjalin komunikasi dengan baik terhadap pihak yang mencari informasi dan sebagainya.

Melalui Kegiatan tersebut KPA Rantau juga berharap pelayanan di PA Rantau menjadi lebih baik dari sebelumnya, meningkatnya Kompetensi petugas pemberi pelayanan dan dapat menciptakan pelayanan prima (excellent service).

 

Konseptor : Iskandar, S.E.I

Related Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.