PA Rantau Ikuti Sosialisasi SAPM Jilid 2

PA Rantau Ikuti Sosialisasi SAPM Jilid 2

 

Bertempat di PTA. Kelimantan Selatan, Kamis 15 Maret 2018 KPTA Kalimantan Selatan Dr. H. Muhammad Shaleh, S.H., M.Hum. secara resmi membuka acara kegiatan Sosialisasi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) jilid II. Kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan di Pengadilan Agama se-wilayah PTA. Kalimantan Selatan tidak terkecuali Pimpinan Pengadilan Agama yang sudah mendapatkan sertifikat akreditasi pada tahun 2017 yang lalu serta turut pula dihadiri oleh para Hakim Tinggi PTA.  Kalimantan selatan.

Menurut Ketua PTA. Kalimantan Selatan kegiatan SAPM ini merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan dengan Visi dan Misi guna terwujudnya Peradilan Indonesia yang Agung. Beliau berharap Pengadilan Agama yang ditunjuk menjadi pilot project tahun 2018 seperti PA. Banjarbaru, PA. Rantau, PA. Pelaihari harus betul-betul mempersiapkan apa saja yang harus dipenuhi dalam persyaratan SAPM tersebut. Berkaitan dengan zona integritas yang merupakan suatu hal yang juga dapat membangun profesional dan integritas pegawai sehingga Begitu pula harapan beliau semua Pengadilan yang ditunjuk wajib melaksanakan kegiatan Zona Integritas karena menurut beliau selain pelayanan prima, moral setiap pegawai juga wajib diandalkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan Panitera PTA. Kalimantan Selatan Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H. berkenaan dengan Manual Mutu dan lampirannya yang mana manual mutu merupakan level tertinggi pada kegiatan SAPM oleh karena itu beliau berharap seluruh pegawai di Pengadilan dapat mengerti manual mutu yang telah dibuat untuk kegiatan SAPM tersebut . Selain itu beliau juga memaparkan SOP dan  Prosedur Mutu. SOP yang telah dibuat harus di kroscek kembali apakan masih sesuai terlebih dengan adanya revisi pada jilid 2 tersebut begitu pula dengan isu internal dan eksternal yang harus sesuai dengan kondisi di Pengadilan Agama. Pemaparan yang kedua yaitu dari Drs. Saherudin berkenaan dengan analisis SWOT dan Monitoring Resiko serta survey kepuasan Masyarakat juga Penanggung Jawab Administrasi Manajemen. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang asesmen internal dan rapat tinjauan manajemen serta Penanggung Jawab Administrasi Kesekretariatan dan Sarana dan Prasarana disampaikan oleh H. Saifuddin, SH, MH selaku Sekretaris PTA Kalimantan Selatan.

Acara tersebut berlangsung hingga tanggal 16 Maret 2018. Bagi PA Rantau yang diikuti oleh Dra. Hj. Asiah selaku pimpinan bersama para Pejabat Penanggung Jawab SAPM di PA Rantau merasakan banyak sekali ilmu dan juga pembelajaran yang menjadi bekal kedepannya untuk mensukseskan kegiatan SAPM di PA Rantau. Berkaca pada rencana jadwal kegiatan yang telah disampaikan oleh TIM dari PTA Kal-sel dengan hanya mempersiapkan segala dokumen dan persayaratan lainnya ±1 ½ Bulan kedepan, beliau sangat berharap pada seluruh pegawai untuk mempersiapkan diri dan Penanggung Jawab Administrasi Manajemen, Penanggung Jawab Administrasi Kesekretariatan dan Sarana Prasarana  Kantor dan Penanggung Jawab Administrasi Kepaniteraan  juga untuk memberikan motivasi yang tinggi sebagai wujud komitmen bersama untuk mensukseskan kegiatan tersebut dengan meraih hasil yang maksimal serta dapat menjadikan mutu pengadilan agama lebih baik lagi kedepannya.

 

Konseptor oleh Iskandar, S.E.I.

Related Post

Leave a Reply