Tim PTA Kalsel Dampingi Pembuatan Dokumen SAPM di PA Rantau

Tim PTA Kalsel Dampingi Pembuatan Dokumen

SAPM di PA Rantau

Senin 19 Maret 2018, bertempat di Ruang Sidang Utama PA Rantau, Tim Pelaksana Asistensi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) dari PTA Kalimantan selatan lakukan pembinaan dan pengarahan kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Rantau. Kegiatan ini sesuai dengan jadwal kegiatan Tim Asistensi PTA Kalimantan Selatan dalam rangka mewujudkan suksesnya kegiatan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu se wilayah PTA Kalimantan Selatan yang mana berdasarkan surat Ketua PTA Kalsel Nomor W15-A/185/HK.05/1/2018 tanggal 11 Januari 2018 PA Rantau Klas II merupakan salah satu pilot project SAPM tahun 2018 bersama PA Banjarbaru, PA Pelaihari Klas Ib, dan PA Barabai klas Ib. oleh karena itu PA Rantau dituntut untuk menyiapkan sebaik mungkin apa-apa saja yang harus dilengkapi baik pemenuhan dokumen maupun kelengkapan lainnya sehingga PA Rantau juga mendapatkan hasil yang maksimal.Adapun Tim Assesor PTA Kalimantan selatan yang melaksanakan kegiatan pendampingan pembuatan Dokumen SAPM di PA Rantau yaitu Drs. Saherudin selaku ketua Tim didampingi oleh Hj. Siti Romiyani, S.H., MH. (Panitera PTA Kalsel), H. Saifuddin, S.H., MH (Sekretaris PTA Kalsel) dan juga H. Fitrian Noor, SH., SHI., MH (sekretaris TIM) serta Aan Wiharyanto, S.H selaku anggota Tim.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Ketua PA Rantau Dra.Hj. Asiah yang memberikan ucapan terimakasih kepada Tim PTA Kalsel melakukan Pendampingan yang mana Sangat penting guna persiapan pembuatan dokumen SAPM.Arahan dan bimbingan Tim dapat memberikan semangat kepada seluruh aparat PA Rantau untuk berkomitmen mensukseskan kegiatan SAPM di PA Rantau.Drs. Saherudin langsung memberikan motivasi kepada seluruh aparat PA Rantau karena menurut beliau kegiatan SAPM harus diawali oleh semangat para pihak dan tidak terkecuali tenaga kontrak.Oleh karena itu semua pihak terlibat dalam kegiatan SAPM.Hj. Siti Romiyani, SH., MH. (Panitera PTA Kalsel) menambahkan bahwa SAPM merupakan program yang sifatnya konsisten, keterlibatan semua pihak serta berkelanjutan.Jadi beliau sangat berharap semuanya mendukung kegiatan SAPM.H. Saifuddin, SH., MH (Sekretaris PTA Kalsel) juga tidak kalah dalam memberikan motivasi kepada seluruh aparat PA Rantau yang mana beliau langsung menginstruksikan kepada PA Rantau untuk menggelorakan yel-yel SAPM PA Rantau agar semangat aparat PA Rantau terus membara selama kegiatan SAPM berlangsung.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian arahan dalam pembuatan dokumen masing-masing bidang yaitu Administrasi Manajemen dibimbing oleh Drs. Saherudin bersama Administrasi Kepaniteraan yang diarahkan oleh Hj. Siti Romiyani, SH., MH.(Panitera PTA Kalsel) diruang rapat.Pembahasan lebih diarahkan bagaimana manajemen resiko, Manual Mutu dibuat serta bagaimana pembuatan analisis SWOT, identifikasi harapan stekholders dan Survey Kepuasan Masyarakat.Pembahasan Standar Operasional Prosedur dan Surat Keputusan juga menjadi bagian pembahasan yang cukup menarik pada kegiatan pendampingan tersebut. Adapun administrasi kesekretariatan beserta Bab IV sarana dan prasarana yang baru ada mulai tahun 2018 dibimbing oleh H. Saifuddin, SH., MH (sekretaris PTA Kalsel) didampingi H. Fitrian Noor, SH., SHI., MH dan Aan Wiharyanto, S.H. dibahas secara terpisah di ruang sekretaris PA Rantau.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan selama dua hari tersebut banyak sekali masukan-masukan yang telah diberikan TIM PTA Kalsel kepada PA Rantau.Selain itu dengan waktu yang padat dan persiapan yang singkat diharapkan PA Rantau lebih maksimal dalam persiapan SAPM baik dari penggunaan waktu yang maksimal dalam melengkapi persyaratan-persyaratan SAPM serta memaksimalkan SDM yang ada dalam mengarungi kegiatan SAPM.Seperti diketahui bersama PA Rantau mengalami kekosongan Wakil Ketua PA yang identiknya merupakan Ketua TIM SAPM sehingga terkait dengan kekosongan Wakil Ketua PA tersebut PA Rantau menunjuk salah seorang Hakim  PA Rantau yang menjadi Ketua Tim SAPM PA Rantau. Begitu pula anggota Pj Administrasi Manajemen yang diisi oleh satu orang hakim juga merangkap menjadi calon leader Assesor Internal SAPM PA Rantau. Terlepas dari itu PA Rantau tetap berkomitmen untuk memberikan segala daya dan upaya dalam mensukseskan kegiatan SAPM dengan harapan mendapatkan hasil yang maksimal pula gunameningkatkya kualtas kinerja dan memberikan pelayanan yang prima. Amiiin

Mahkamah Agung Ok, PTA Kalsel Jaya, PA Rantau Yes, SAPM Bisaaaa…

Konsep Oleh Iskandar, S.E.I.

 

Related Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.