PA Negara Laksanakan Audiensi dan Silaturahmi di PA Rantau Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan SAPM

PA Negara Laksanakan Audiensi dan Silaturahmi

di PA Rantau Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan SAPM

 

Dalam rangka persiapan menghadapi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu, di awal semester kedua tahun 2018 Kamis 9 Agustus 2018 Pengadilan Agama Negara mengadakan kunjungan audiensi dan silaturrahmi ke Pengadilan Agama Rantau. Tim PA Negara berjumlah 10 orang, antara lain terdiri dari  Top Manajemen, Ketua SAPM, para Penanggung Jawab Administras Manajemen, Administras Kepaniteraan, Administrasi Kesekretariatan dan Sarana Prasarana, beserta anggota, serta sekretaris SAPM PA Negara.

Setelah diadakan ramah tamah di ruang tamu ketua yang disuguhkan makanan dan minuman ringan di ruangan ketua yang sejuk, asri  indah  dan nyaman diselingi dengan ngobrol ringan yang penuh dengan suasana keakraban dan kekeluargaan, selanjutnya rombongan menuju ke ruang sidang utama PA Rantau. Rombongan yang dipimpin langsung Ketua Pengadilan Agama Negara Drs. Setia Adil dengan anggota Wakil Ketua Pengadilan Agama Negara Hj. Nurul Hikmah, S.Ag.,M.H. Pengadilan Agama Rantau merupakan salah satu Pengadilan Agama yang mendapat penghargaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM)   pada tanggal 13 dan 14 Juli 2018 yang lalu di Balikpapan.

 

Acara yang dipandu oleh Muhammad Wildi, S.H. (CPNS Calon Hakim) diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan ikrar yel-yel SAPM PA. Rantau. Selanjutnya ucapan selamat datang dari Ketua PA. Rantau Dra. Hj. Noor Asiah menyampaikan selamat datang kepada Tim SAPM PA. Negara dan beliau menyatakan siap membantu dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Tim SAPM dalam pelaksanaan SAPM di PA. Negara. Keberhasilan Pengadilan Agama Rantau tidak terlepas dari komitmen seluruh jajarannya yang bertekad untuk memberikan pelayanan yang terukur dan berkualitas kepada pencari keadilan, ujar Dra. Hj. Noor Asiah Ketua PA. Rantau. Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua PA. Negara mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga karena telah diberi izin untuk menimba ilmu di PA. Rantau.

Setelah acara ditutup, Tim kemudian dipandu oleh Lead Asesor SAPM PA. Rantau ibu Hj. ST. Zubaidah S.Ag.,S.H.,M.H untuk meneliti dan mempelajari semua dokumen dan eviden SAPM, baik di bidang  Administras Kepaniteraan, Administras Kesekretariatan dan sarana Prasarana. Silahkan melihat dan meneliti semua Dokumen dan eviden untuk dapat diterapkan di PA. Negara nantinya, ujar beliau. Setelah melihat begitu banyak dokumen yang harus dipersiapkan dalam waktu yang singkat, maka Tim SAPM PA. Negara harus bekerja ekstra tidak hanya pada jam kerja tetapi juga di luar jam kerja atau lembur sampai tengah malam, ujar salah seorang anggota Tim SAPM PA. Negara.

 

Pengalaman yang dialami jajaran PA. Rantau, “kami selama hampir satu bulan tidak lagi  mengenal tanggal merah, begitu juga jam kantor semuanya apalagi yang terlibat dalam Tim SAPM bekerja sampai larut malam dan pulang ke rumah anak isteri sudah tidur”, kenang Iskandar, S.E.I. selaku salah satu sekretaris SAPM PA. Rantau.

Selanjutnya rombongan diajak untuk melihat ruang per ruang, tampak terlihat setiap ruangan diatur begitu rapi dan terlihat elegan. Banner berupa informasi kepada Pengguna jasa Pengadilan terpasang indah di dinding masing-masing ruang. Begitu juga fasiltas umum seperti ruang tunggu, koran, majalah, TV media, tempat charger HP, ruang parkir, toilet umum, ruang tunggu, Koran, majalah, TV media, ruang menyusui, ruang bermain anak dan jalur evakuasi bila ada keadaan darurat semuanya tersaji. Lain lagi fasilitas seperti kursi roda bagi mereka penyandang disabilitas juga disiapkan.

 

Pengadilan Agama Rantau juga sangat memperhatikan keindahan dan kebersihan kantor dan penataan halaman yang asri. Semua bahan studi banding yang dilakukan direkam dan difoto oleh anggota tim, dengan tujuan agar dapat disosialisasi kepada segenap jajaran PA. Negara untuk dilasanakan dalam persiapan SAPM tahun 2018. Kemudian sebagai bagian dari dokumentasi, rombongan dan segenap jajaran PA. Rantau dan PA. Negara melakukan foto bersama.

 

Konsep Oleh Hj. St. Zubaidah, S.Ag., S.H., M.H.

Editor Oleh TIM IT PA Rantau

Related Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.