UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI PENGADILAN AGAMA RANTAU

Bertempat di halaman gedung kantor Pengadilan Agama Rantau, Senin tanggal 1 Oktober 2018 tepat pukul 08.00 Wita, pimpinan beserta seluruh karyawan Pengadilan Agama Rantau melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Pelaksanaan upacara ini sebagai bentuk implementasi atas surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 1208/SEK/HM.01.2/09/2018, tanggal 26 September 2018, tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018. Acara ini diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Rantau, baik dari jajaran hakim, pejabat struktural dan fungsional hingga para honorer Pengadilan Agama Rantau serta mahasiswa/i STAI Darul Ulum Kandangan yang sedang praktikum di PA. Rantau.

Alhamdulillah suasana pagi yang cerah, yang membuat semangat para aparatur Pengadilan Agama Rantau untuk melakukan upacara dengan khidmat untuk mengenang jasa-jasa  para pahlawan dalam membangun dan mempertahankan NKRI baik dari ancaman eksternal maupun internal yang mengganggu keutuhan dan keamananan negeri tercinta ini.  Ancaman serta rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Oleh karena itu dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pengadilan Agama Rantau membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Hakim Pengadilan Agama Rantau, Hj. St. Zubaidah, S.Ag.,S.H.M.H., sedangkan Pembacaan Naskah Ikrar oleh Aulia Hayani, S.Th.I (honorer), dalam naskah ikrar yang dibacakan mengajak kepada seluruh Bangsa Indonesia membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia terhadap berbagai upaya menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang mengusung tema “PANCASILA SEBAGAI LANDASAN KERJA MENCAPAI PRESTASI BANGSA” ini berlangsung sederhana, khidmat dan tertib. Peserta upacara terlihat sangat antusias mengikuti urutan pelaksaan upacara yang dipandu oleh Iskandar, S.E.I. (Kepala Sub Bagian TI dan pelaporan) sebagai pembawa acara.

Adapun petugas upacara dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila 1 Oktober 2018 pada Pengadilan Agama Rantau, sebagai berikut:

  1. Inspektur Upacara, Hj. St. Zubaidah, S.Ag.,S.H.M.H. (Hakim PA. Rantau)
  2. Pembacaan Naskah Ikrar, Aulia Hayani, S.Th.I (honorer)
  3. 3. Komandan Upacara, Ilmi (Mahasiswa STAI Darul Uluim Kandangan)
  4. Pembawa Acara, Iskandar, S.E.I. (Keopala Sub Bagian TI dan pelaporan)
  5. Pembacaan Naskah UUD 1945, Asriah (Mahasiswi STAI Darul Ulum Kandangan)
  6. Pembaca Naskah Doa, Hairuddin, S.Ag (Wakil Panitera)

Sedangkan susunan Upacara sebagai berikut diawali dengan penghormatan umum pada Inspektur Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara. dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dimpimpin oleh Inspektur Upacara. Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Naskah Undang – Undang Dasar 1945, Pembacaan Naskah Ikrar, Pembacaan Naskah Doa mengiringi rangkaian kegiatan upacara tersebut. Laporan Komandan Upacara dan penghormatan umum kepada Inspektur Upacara mengakhiri upacara kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali ini.

 

 

Kita sebaga warga Negara peradilan agama, mari sama- sama kita jaga Negara ini dengan mengamalkan nila-nilai yang tertanam dalam pancasila dalam bentuk profesi kita sebagai warga peradilan yang secara umum di nanungi oleh Mahakamah Agung dengan bekerja secara profesional.

konseptor: Hj. ST. Zubaidah, S.Ag., SH., MH (Hakim PA Rantau)

Editor: TIM TI PA Rantau

Related Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.