Seputar Peradilan

Unsur Pimpinan Pengadilan Agama Rantau Hadiri Wisuda

Purnabhakti Hakim Pengadilan Agama Amuntai

            Di penghujung bulan Januari 2019 tepatnya pada hari Kamis, tanggal 31 Januari 2019 Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Rantau bertolak dari Kota Tapin menuju Pengadilan Agama Amuntai guna memenuhi undangan dari Ketua Pengadilan Agama Amuntai pada acara Wisuda Purnabhakti sekaligus Perpisahan Hakim Pengadilan Agama Amuntai atas nama H. Djarkasi, S.Ag.

WhatsApp Image 2019 02 04 at 13.57.20

            Acara yang merupakan wisuda Purnabhakti perdana pada Pengadilan Agama Amuntai ini adalah sebagai bentuk penghormatan, penghargaan dan apresiasi atas pengabdian sebagai Hakim Pengadilan Agama dalam melaksanakan tugas sebagai pejabat di lingkungan Mahkamah Agung dan juga semacam ritul ceremonial simbol melepaskan jabatan sebagai Hakim dan Pejabat Negara.

 

            Acara yang digelar di ruang sidang Pengadilan Agama Amuntai ini tidak hanya dihadiri oleh segenap Hakim dan ASN serta Non ASN Pengadilan Agama Amuntai saja namun juga dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan Pengadilan Agama se Banua Enam (Pengadilan Agama Barabai, Pengadilan Agama Tanjung, Pengadilan Agama Rantau, Pengadilan Agama Kandangan dan Pengadilan Agama Negara).

 

            Prosesi wisuda yang dimulai pada pukul 10.30 WITA diawali dengan iring-iringan para Hakim Pengadilan Agama Amuntai mengantarkan wisudawan (H. Djarkasi, S. Ag beserta isteri) memasuki ruang acara dengan diiringi alunan lagu “Bagimu Negeri”.ASN

WhatsApp Image 2019 02 04 at 13.57.28

            Dalam rangkaian acara, pelepasan toga dan dasi Hakim merupakan moment yang paling sakral dan penuh keharuan ditambah lagi bait-bait lagu “Syukur” yang dialunkan mampu membuat suasana menjadi semakin haru dan tak ayal diantara hadirin yang mengikuti prosesi acara banyak yang menitikkan air mata larut dalam kesedihan.

 

            Usai diwisuda Purnabhakti oleh Ketua Pengadilan Agama Amuntai Drs. H. Fauzi, MHI, wisudawan yang sudah berganti kostum dihantar kembali oleh iring-iringan para Hakim Pengadilan Agama Amuntai meninggalkan ruang acara untuk selanjutnya kembali mengikuti acara Perpisahan.

 

            Sebelum memasuki acara perpisahan, kegiatan juga dikemas dengan Launching Aplikasi Antrian PTSP Pengadilan Agama Amuntai yang merupakan aplikasi hasil karya Tim IT Pengadilan Agama Amuntai.

 

            Dalam kata sambutan Perpisahan, Ketua Pengadilan Agama Amuntai menyampaikan apresiasi atas dedilkasi, tanggung jawab, pengabdian serta loyalitas yang tinggi selama bapak H. Djarkasi, S.Ag bertugas di Pengadilan Agama Amuntai. Sosok yang tawadhu’, berdisiplin tinggi dan mampu menjadi salah satu penggerak jalannya roda Pengadilan Agama Amuntai ini juga disematkan kepada sosok yang meniti karirnya mulai dari staff bagian administrasi hingga terakhir menjadi Hakim pada Pengadilan Agama Kelas IB.

 

            Diakhir sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Amuntai juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh undangan dari Pengadilan Agama Barabai, Tanjung, Rantau, Kandangan dan Negara yang telah berkenan memenuhi undangan dan juga disampaikan harapan semoga pada acara-acara yang lain dapat kembali berkumpul dan moment seperti ini bisa dijadikan sebagai ajang sillaturrahmi demi semakin eratnya hubungan antar warga Pengadilan Agama se Banua Enam.

WhatsApp Image 2019 02 04 at 13.58.51

            Dipenghujung acara ditutup dengan pemberian cindera mata kepada Hakim yang telah memasuki usia Purnabhakti dan selanjutnya diberikan ucapan selamat dari seluruh hadirin. (WAKA)

 

             Editor Oleh TIM TI PA Rantau