Rapat Evaluasi dan Koordinasi Bulan Agustus 2017

Rapat Evaluasi dan Koordinasi Bulan Agustus 2017

Pengadilan Agama Rantau kembali melaksanakan rapat evaluasi dan koordinasi yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Rantau hari Rabu 30 Agustus 2017. Rapat kali ini mengulas tentang kegiatan-kegiatan Pegawai yang berangkat melaksanakan dinas luar dalam rangka sosialisasi maupun rapat koordinasi pada bulan agustus 2017. Salah satunya adalah penyampaian hasil kegiatan pegawai  PA Rantau yang mengikuti Pembinaan dan pembekalan pejabat fungsional  danstruktural  Pengadilan Agama se Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Hairuddin, S.Ag Wakil Panitera PA Rantau. Beliau menyampaikan betapa banyak manfaat yang didapat pada kegiatan tersebut seperti training ESQ karena kita selaku pejabat yang sudah sangat jelas status kehidupan dimasyarakat dan memiliki kesempurnaan fisik tentunya akan malu apabila tidak bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan dan harus pandai instropeksi diri serta selalu bersyukur menjadi seorang abdi negara. Selain itu beliau juga menguraikan sekilas tentang Standar Akreditasi Penjaminan Mutu yang sedang digalakan oleh Badan Peradilan Agama. Kasypul Anwar, SH selaku Sekretaris yang juga ikut dalam acara tersebut menambahkan pentingnya Surat Keputusan (SK) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam segala bidang sangat menunjang untuk terciptanya Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama. Oleh sebab itu beliau akan kembali mengkroscek SK yang sudah ada namun diperbaharui dan membuat SK yang belum ada begitu pun dengan SOP.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil acara Rapat Koordinasi dan Konsultasi RKA-KL Tahun 2018 sewilayah Kalimantan Selatan di Banjarmasin yang disampaikan oleh Iskandar, S.E.I selaku Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan yang mana mengupas secara singkat tentang arah dan kebijakan Mahkamah Agung Tahun 2018 seperti Percepatan penyelesaian perkara, peningkatan Pelayanan Perkara pada SIPP dan Sidang keliling, Posbakum dan lain-lain. Ada beberapa Bagan Akun Standar yang akan berubah pada Tahun 2018 seperti akun Penerimaan Negara Bukan Pajak serta penggunaan akun-akun belanja pemeliharaan kantor sehingga dibutuhkan kejelian dalam pelaksanaan anggaran serta operator lebih teliti dalam penggunaan akun-akun tersebut sesuai dengan fungsinya. Iskandar melalui kesempatan tersebut juga menguraikan gambaran tentang kemungkinan Rencana Kerja Anggaran Belanja Barang, belanja Pegawai, dan pengadaan Belanja Modal yang hanya mencakup penunjang SIPP yang akan dilaksanan pada Tahun 2018. meluihat kondisi yang ada, tentu saja kita berharap PA Rantau mendapatkan anggaran Belanja Modal sarana dan prasarana seperti Pengadaan Pagar yang selama ini PA Rantau sudah beroperasi di kantor baru namun belum mempunyai pagar.

Ketua PA Rantau pada sesi terakhir menyimpulkan bahwa terkait SAPM yang digalakkan Badan peradilan Agama, bahwa Pengadilan Agama Rantau harus siap dan optimis bisa melaksanakan SAPM tersebut. Hal ini telah diawali dengan wujud nyata komitmen PA Rantau seperti pembuatan SK SAPM beserta struktur Bagan organisasi dalam rangka SAPM serta pelaksanaan Deklarasi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu di PA Rantau beberapa hari sebelumnya. Selain itu beliau terus membangkitkan semangat para pegawai agar selalu kompak dan kerja sama yang baik demi pelayanan yang prima serta bersama-sama berdo’a semoga PA Rantau mendapatkan anggaran tahun 2018  sesuai dengan kebutuhan dan dapat dilaksanakan dengan optimal.

Konsep Oleh Iskandar, S.E.I.

Editor oleh TIM IT PA Rantau

Related Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.