Seputar Peradilan

PA Rantau Raih 2 Penghargaan Pengadilan Agama Terbaik 1
PA seKalimantan Selatan

Selama 3 hari Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin menggelar kegiatan dan dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi PTA Banjarmasin dan seluruh unsur pimpinan Pengadilan Agama se Kalimantan Selatan yang bertempat di kantor Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin di Banjarbaru yakni pada tanggal 27 Maret 2019 sampai dengan tanggal 29 Maret 2019 tak terkecuali juga diikuti oleh unsur pimpinan Pengadilan Agama Rantau.


Sebagai kegiatan awal yakni pada hari Rabu tanggal 27 Maret 2019 digelar acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Ketua Pengadilan Agama Amuntai Kelas IB yakni bapak Drs. Nana Supiana yang semula menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Amuntai menjadi Ketua Pengadilan Agama Amuntai menggantikan bapak Drs. H. Fauzi, MHI yang mutasi menjadi Hakim pada Pengadilan Agama Jakarta Barat Kelas IA.


Keesokan harinya yakni tanggal 28 Maret 2019 diisi dengan acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kalimantan Selatan dalam rangka peningkatan pelayanan prima ”one day with all services” yakni meliputi pelayanan terpadu itsbat nikah oleh Pengadilan Agama, penerbitan Akta Nikah oleh Kantor Urusan Agama dan Dokumen Kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.


Acara berlanjut dengan kegiatan utama yakni Rapat Kerja Daerah Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dan Pengadilan Agama seKalimantan Selatan yang pada kesempatan ini dibuka secara resmi oleh bapak Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. yang berkenan hadir dan sekaligus memberikan pembinaan sebelum Rakerda dimulai.

29 04 2019 RAKERDA PTA
Usai pembinaan dari bapak Dirjen Badilag, oleh Panitia Rakerda acara dirangkai dengan pengumuman dan pemberian penghargaan kepada Pengadilan Agama terbaik seKalimantan Selatan dan Pengadilan Agama Rantau adalah salah satu PA terbaik pertama pada 2 kategori diantara 6 kategori yang dinilai oleh Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin yakni kategori Kecepatan Penyampaian Laporan Tahunan 2018 dan Ketertiban Pelaporan Keuangan Tahun Anggaran 2018 dan merupakan suatu kebanggaan tatkala penghargaan diserahkan langsung oleh Bapak Direktur Jendral Badilag.

29 03 2019 RAKERDA PTA

29 04 2019 RAKERDA PTA
Memasuki kegiatan Rakerda (Jum’at tanggal 29 Maret 2019) panitia pelaksana membagi 3 komisi yakni komisi 1 tentang Teknis Yustisial, komisi 2 administrasi kepaniteraan dan komisi 3 administrasi umum dengan mengelompokan perkomisi pada ruangan yang berbeda dan setelah rampung antar komisi membahas bidang masing-masing lalu acara dilanjutkan kembali di ruang utama untuk penyampaian hasil masing-masing komisi, usai Ketua komisi menyampaikan hasil bahasan dan kesimpulan masing-masing maka rangkaian kegiatan Rakerda telah purna dan terakhir kegiatan ditutup oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin bapak Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. (WAKA)

 

Editor Oleh TIM TI PA Rantau