Seputar Peradilan

PA Rantau Ikuti Implementasi Sistem Perpustakaan Berbasis Aplikasi di PT Banjarmasin

Selasa (23/04/2019) PA Rantau bersama pengadilan lainnya pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan Sewilayah Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti  acara Implementasi, Penataan dan Pengelolaan Perpustakaan Pengadilan di Aula PT Banjarmasin yang bertempat di Banjarbaru.

Perpustakaan3

Acara di awali dengan sambutan Wakil Ketua PT Banjarmasin Heru Pramono SH., M.Hum. sekaligus membuka kegiatan tersebut yang mana menurut beliau sekarang ini ruang perpustakaan  sudah bagus namun penataannya masih belum sesuai dengan tata cara penataan, klasifikasi dan juga banyak tidak tersentuh atau dengan kata lain tidak diminati oleh pengunjung karena sekarang lebih banyak mencari informasi atau ilmu ke internet. Oleh karena itu beliau berharap dengan adanya acara ini pengadilan pada 4 (empat) lingkungan peradilan sewilayah provinsi Kalimantan Selatan dapat mengimplementasikan sistem Perpustakaan dengan baik dan dapat menggugah semangat pengunjung untuk membaca/meminjam buku-buku di perpustakaan pengadilan masing-masing.

Perpustakaan1Perpustakaan5Perpustakaan2

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan oleh Kepala Bagian Perpustakaan dan Layanan Informasi MA RI bahwa kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk bersinergi dan kesamaan persepsi dalam mengelola perpustakaan pengadilan sejalan dengan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dan Surat Keputusan Mahkamah Agung Nomor 85/KMA/SK/V tahun 2014 tentang pengelolaan perpustakaan di lingkungan MARI dan 4 (empat) Lingkungan Peradilan. Selanjutnya pemaparan dan pengenalan aplikasi perpustakaan SLIMS oleh Kasubbag Perpustakaan MARI serta secara langsung melakukan simulasi penggunaan aplikas yaitu input bahan putska, pendaftaran anggota, sirkulasi dan pembuatan laporan. Acara selanjutnya yaitu sosialisasi pusat data informasi dan peraturan melalui website hukum online. Sebelum acara berakhir seluruh peserta  menuju ke ruangan perpustakaan PT Banjarmasin untuk melihat dan menyimak penjelasan dari pemateri tentang tata cara klasifikasi, katalogisasi dan penataan buku di rak (shelving).

Perpustakaan6

Acara ditutup oleh Wakil Ketua PTA Banjarmasin Dr. H. Insyafli, M.H.I dengan  berpesan kepada seluruh peserta untuk menerapkan ilmunya meskipun pelan-pelan insyaallah sistem perpustakaan akan bagus. Ungkap beliau sekaligus menutup kegiatan tersebut.

 

PA Rantau yang telah mengutus Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan bersama petugas perpustakaan PA Rantau serta Tim kesekretariatan PA Rantau lainnya berkomitmen untuk menata ulang perpustakaan sesuai dengan arahan pada kegiatan tersebut guna mewujudkan tata kelola perpustakaan yang baik dan modern. (and)

 

Tim TI PA Rantau