Seputar Peradilan

Sidang Perdana Tahun 2021 di Luar Gedung Pengadilan

 

PA.Rantau melaksanakan kegiatan Sidang di luar gedung pengadilan atau sidang keliling perdana tahun anggaran 2021 pada hari Rabu (3/2/2020). Kegiatan sidang di luar gedung tersebut dilaksanakan di wilayah Kecamatan Candi laras Utara (CLU)  yang menempuh jarak sekitar 40 Km dari ibu kota Kabupaten atau sekitar 1 Jam lebih perjalanan dari kantor PA.Rantau.

Camat Candi Laras Utara Yus Sudarmanto nampak senang dan antusias dengan adanya sidang di luar gedung dari PA. Rantau tersebut. Masyarakat CLU yang berperkara akan merasa terbantu karena tidak perlu repot lagi dan mengeluarkan banyak biaya untuk menghadiri persidangan ke kantor PA.Rantau yang jaraknya lumayan jauh.

 

Berdasarkan SK Ketua PA.Rantau untuk tim pelaksana sidang keliling perdana ini adalah Majelis Ketua PA.Rantau Rabiatul Adawiah, S.Ag yang beranggotakan Taufik Rahman, S.HI dan Muhammad Wildi, S.H, Panitera Pengganti Drs. Rustam Effendi, S.H.I, Jurusita Arbain, pembantu umum Abdul Muluk, A.Md dan Nasrudin sebagai driver.  Sidang di Luar Gedung di mulai pukul 10.00 WIB bertempat di Aula Kantor Kecamatan CLU dengan tetap mematuhi prosedur kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 seperti menggunakan face shield, social distancing dan protocol kesehatan lainnya.

 

Sidang di luar gedung ini menangani perkara cerai gugat yang pihaknya berdomisi di daerah tersebut.  Kegiatan ini merupakan salah satu upaya PA.Rantau untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta mengimplementasikan asas peradilan, yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

 

Untuk diketahui, sidang di luar gedung atau biasa disebut sidang keliling adalah persidangan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan yang di peruntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya.

 

Ada 3 Manfaat sidang di luar gedung ini, pertama Lokasi sidang lebih  dekat dengan tempat tinggal yang mengajukan perkara, kedua biaya transportasi lebih ringan, ketiga Menghemat waktu. (mz)

 

Editor Oleh TIM TI PA Rantau

Pembangunan Zona Integritas