Seputar Peradilan

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PA. Rantau Laksanakan Pelatihan Pelayanan Prima/Service Excellent

 

Rabu, (6/4) Pengadilan Agama Rantau bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI)  cabang Barabai mengadakan pelatihan "Pelayanan Prima atau Service Excellent " bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Rantau. Kegiatan tersebut diikuti oleh pimpinan, hakim dan pegawai Pengadilan Agama Rantau, khususnya bagi petugas pelayanan meliputi petugas keamanan dan petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

Pelatihan " Pelayanan Prima atau Service Excellent " adalah bentuk komitmen Pengadilan Agama Rantau untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara terus-menerus, terlebih Pengadilan Agama Rantau telah meraih nilai A "Excellent" Akreditasi Penjaminan Mutu dan saat ini menjadi calon unit kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Ibu Risda Norma Hilyani, trainer dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Barabai menyampaikan bahwa "pelayanan terbaik adalah melayani dengan hati “tanamkan dalam hati saya akan melayani orang” tegasnya dan selalu utamakan senyum-sapa-salam. Pada sesi kedua petugas pelayanan diajak oleh Bapak Yuliza Rahman atau yang akrab disapa Reza selaku Branch Manager BSI Kantor Cabang Barabai untuk melalukan role play dalam bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan antusias, bapak Hanafi petugas keamanan mencoba cara menerima tamu yang baik dan benar mulai dari membukakan pintu, cek suhu tubuh dan mempersilakan tamu untuk menunggu antrian. Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Bapak Fendy selaku petugas PTSP juga melakukan role play memberikan informasi prosedur berperkara secara lengkap. Fajar juga memperagakan pelayanan kepada masyarakat yang mendaftarkan perkaranya di Pengadilan Agama Rantau dan Bu Aulia melayani masyarakat yang membayar biaya pendaftaran perkara di pengadilan. 

Bapak Reza juga memberikan review bahwa pelayanan yang diperagakan oleh petugas pelayanan sudah baik, namun akan lebih baik lagi jika pelayanan selalu diperbaiki dengan memberikan senyuman kepada masyarakat yang mengakses layanan di Pengadilan Agama Rantau walau wajah tertutup masker. Di akhir acara, trainer memberikan apresiasi kepada semua petugas pelayanan dan pegawai yang mengikuti kegiatan pelatihan dengan penuh semangat.

Ketua Pengadilan Agama Rantau ibu Rabiatul Adawiah, S.Ag, pada akhir kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Barabai yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana cara memberikan “PelayananPrima atau Service Excellen” bagi masyarakat dan Ketua berharap semua petugas pelayanan Pengadilan Agama Rantau dapat menerapkan ilmu yang sudah didapat dari pelatihan pelayanan prima tersebut(mz)

Pembangunan Zona Integritas