Seputar Peradilan

JURUSITA Menyampaikan Usul dalam Rakor Bulan Maret 2021 PA Rantau

 

Selasa 23/03/2021, bertempat di ruang sidang utama PA Rantau, Ketua PA Rantau (Rabiatul Adawiah, S.Ag.) memimpin rapat koordinasi (Rakor) bulanan yang diikuti oleh seluruh bagian baik dari Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

Rapat diawali dengan penyampaian dari Wakil Ketua PA Rantau (Mawardi, S.Ag., MHI.) yang berkaitan dengan rapat bulanan Hakim, monitoring terhadap perkembangan inovasi PA Rantau yakni Aplikasi G-MAN (Gugatan Mandiri), Antrian PTSP, Aplikasi RAISA (sistem informasi Realisasi Anggaran dan Informasi Absensi), Aplikasi SIDAK (Sistem Administrasi Data Saksi) dan PELANGI (Pelayanan Langsung Didatangi/pengantaran Akta Cerai tanpa biaya pengantaran), dan terkait dengan kinerja Kepaniteraan yang diukur dengan unggah dokumen ke dalam aplikasi SIPP.

Dilanjutkan penyampaian dari Panitera PA Rantau (Nanang, S.Ag.) terkait dengan anggaran sidang keliling dan perkara prodeo akan terserap habis pada bulan April, Itsbat Nikah masal yang akan dilaksanakan di Kecamatan Binuang, dan pembaharuan terhadap teknis inovasi PELANGI.

“Alangkah lebih baiknya terhadap inovasi PELANGI kita jemput bola kepada para pihak, artinya kita yang aktif menyampaikan bahwa PA Rantau memilik inovasi pengantaran Akta Cerai tanpa dipungut biaya pengantaran, bukan pasif menunggu pihak yang memohon kepada kita untuk minta diantarkan” ucap Arbain (Jurusita) sebagai hasil dari pemikiran kawan-kawan Jurusita PA Rantau yakni Bambang Julianto, S.H. dan Mulyadi Noor, dan usulan tersebut diterima dan ditanggapi dengan baik oleh Panitera untuk kemanfaatan inovasi PELANGI PA Rantau ke depannya.

Selanjutnya penyampaian dari Sekretaris PA Rantau (Akhmad Muzakkir, S.H.I.) terkait dengan bagian Kepegawaian dan Ortala, Umum dan Keuangan, dan Perencanaan Teknologi Informasi dan Pelaporan (PTIP), seluruh bagian berjalan dengan lancar dan terhadap dekorum ruang sidang dan peningkatan daya listrik kantor perlu perhatian khusus agar berjalan sesuai dengan rencana.

Rapat diakhiri dengan menyantap pisang goreng hangat rekomendasi dari saudara Abdul Muluk, A.Md. (MW)

 

Editor. Tim TI PA Rantau

Pembangunan Zona Integritas