Seputar Peradilan

Untuk Inovasi Perubahan Data Kependudukan Teritegrasi (PEDEKATE) PA Rantau Kunjungi Disdukcapil

 

Selasa (20/04) tepat pukul 10.00 Wita. Wakil Ketua Pengadilan Agama Rantau Mawardi S.Ag.,M.HI. didampingi Sekretaris Akhmad Muzakkir, SHI dan kasubag Perencanaan, IT dan Pelaporan Muhammad Rizani, SH. berkunjung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin, kunjungan tersebut disambut dengan hangat oleh Plt.Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin Ibu Hj. Rina Indriani, ST bertempat di ruang kerja beliau.

Dalam kunjungan  tesebut Wakil Ketua PA Rantau menyampaikan rencana kerja sama yang akan disepakati yaitu Inovasi Perubahan Data Kependudukan Teritegrasi (PEDEKATE) jadi nanti setiap pihak yang telah bercerai jika ingin merubah data kependudukannya bisa melalui Pengadilan Agama Rantau dan juga membicarakan tindak lanjut perjanjian kerja sama antara PTA Banjarmasin dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 24 Maret 2021 di Hotel Rodhita Banjarbaru yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Tapin dan untuk mensinergikan program dan kegiatan dalam rangka pelayanan terpadu yang ada kaitannya dengan kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin.

 

Untuk pelayanan terpadu sebetulnya bukan hal baru di Kabupaten Tapin, karena tiap tahun dibulan Nopember atau pada hari jadi Kabupaten Tapin selalu kita lakukan Istbat Nikah Terpadu kejasama Pemkab Tapin, Kemenag Tapin dan Pengadilan Agama Rantau dan kerjasama itu masih ada tinggal diperbaharui ujar Ibu Hj. Rina Indriani, ST. 

 

Hj. Rina Indriani, ST. menyambut positif dan sangat antusias dengan Inovasi PEDEKATE yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Rantau, karena Disdukcapil Kabupaten Tapin juga dituntut untuk berinovasi guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

 

Dengan pertemuan ini membawa angin segar terhadap percepatan pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Tapin khususnya tentang perubahan data kependudukan setelah melakukan perceraian. (Wy)

Pembangunan Zona Integritas