Seputar Peradilan

Aksi “SABAR” Sapu Bersih Rumput Liar di Area Parkir

 

 

Selasa (21/9) aparatur PA.Rantau kembali melaksanakan aksi “SABAR” (Selasa dan Rabu Babarasih) kali ini yang menjadi fokus kebersihan adalah di seputar parkiran mobil yang masih beralaskan tanah karena rumput liar sudah nampak mulai tinggi. Tepat pukul 8 pagi setelah absensi semua hakim, pegawai dan honorer berkumpul terlebih dahulu di halaman kantor untuk mendengarkan arahan dari Wakil Ketua PA.Rantau Achmad Sarkowi,S.HI sebelum aksi SABAR dimulai.

Dalam arahannya Wakil Ketua PA.Rantau mengharapkan semua pegawai memiliki sense of belonging (rasa memiliki) terhadap kantor sehingga sedikit saja melihat sampah atau ada yang tidak enak dipandang langsung bertindak tanpa harus menunggu petugas kebersihan atau menyuruh orang lain.  Wakil Ketua juga mengatakan ada satu kata sederhana yang mudah diingat tapi sangat bermanfaat bila dilakukan yaitu LiSA (lihat sampah ambil). Kalimat itu walaupun sepele namun apabila dilaksanakan maka manfaatnya sangat besar.

Setelah pengarahan selesai, semua hakim,pegawai dan honorer diberikan masing-masing satu buah kantong kresek hitam yang berfungsi untuk menampung sampah atau rumput liar yang akan dicabut nanti. Setelah mendapat komando semua langsung bergerak menuju parkiran mobil untuk mencabut rumput liar yang sudah mulai tinggi.

Selang beberapa menit lahan parkir sudah mulai terlihat bersih setelah aksi “SABAR” dilaksanakan, semua kantong kresek sudah terisi dengan rerumputan liar kemudian sampahnya dimasukkan ke dalam bak sampah besar yang sudah disiapkan.

Walaupun hanya 15 menit Kegiatan aksi “SABAR” namun hasilnya benar-benar terlihat, area parkir menjadi lebih bersih.   Kegiatan ini akan dilanjutkan kembali besok hari dengan target operasi sampah plastik dan rerumputan liar di taman. (mz)

Video Pembangunan Zona Integritas