Seputar Peradilan

LAYANAN DELIVERY “PELANGI” PA RANTAU, AKSES KEMUDAHAN MASYARAKAT DAN PRESTASI KERJA

WhatsApp Image 2021 10 04 at 113659 AM

Mendapatkan akses kemudahan merupakan dambaan bagi setiap pihak yang berperkara di Pengadilan Agama Rantau. Mereka datang dengan harapan masalahnya dapat menemukan jalan keluar tanpa harus melewati birokrasi berbelit dan masa tunggu yang lama. Akibatnya, tidak sedikit para pihak yang enggan segera menuntaskan urusannya dan menunda mengambil akta cerainya. Sehingga dikemudian hari timbul persoalan baru yang menjadi kendala, oleh karenanya Pengadilan Agama Rantau segera membuat terobosan sebagai jalan keluar dan inovasi yang tidak hanya menguntungkan pihak berperkara saja tetapi juga memudahkan pekerjaan para pegawainya.

Berangkat dari keluhan adanya tumpukan akta cerai yang belum diambil oleh pihak pasca persidangan, menyebabkan penuhnya lemari penyimpanan dan kurangnya penilaian terhadap kunerja petugas informasi PA Rantau. Hal mana diketahui penyebabnya adalah kesadaran masyarakat yang abai akan kelengkapan dokumen kependudukannya dan faktor domisili yang jauh dari PA Rantau. Ketua PA Rantau kemudian mengusulkan idenya untuk membuat inovasi pengantaran akta cerai bagi para pihak dengan catatan adanya persetujuan dari pihak yang bersangkutan untuk diantarkan dan tidak dipungut biaya apapun selain PNBP. Permohonan layanan PELANGI (Pelayanan Langsung Didatangi) dapat diajukan ke petugas PTSP pada saat putusan telah selesai dibacakan. Setelahnya, permohonan diteruskan kepada Panitera Muda Hukum untuk ditunjuk petugas pelaksananya sebagaimana yang termuat dalam Surat Keputusan KPA Rantau. Petugas penerima instrumen tersebut (Jurusita) segera bergegas menyiapkan Akta Cerai yang akan diantar berserta instrumen bukti pembayaran PNBP sebesar Rp.10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) yang dibayarkan pada saat Akta Cerai diantarkan.

WhatsApp Image 2021 10 04 at 113059 AM

WhatsApp Image 2021 10 04 at 113133 AM

Alhasil, sebanyak 30 akta cerai sudah berhasil sampai ditangan pemiliknya, sehingga sampai saat ini layanan PELANGI dinilai sangat efektif dan efisien dalam mengurangi tumpukan akta cerai dan meningkatkan prestasi kerja pegawai PA Rantau, yaitu dengan memberikan akses kemudahan untuk para pihak yang berdomisili jauh dari PA Rantau bahkan mengingatkan masyarakat yang tidak acuh terhadap pentingnya kelengkapan dokumen kependudukannya. Bayangkan jika sampai saat ini tidak tercetus layanan “PELANGI”, asas peradilan yang sederhana dan biaya ringan tak lagi sesuai jika dibandingkan dengan mahalnya ongkos transportasi para pihak untuk pulang pergi mengurus perceraian di PA Rantau. Terakhir, layanan “PELANGI” selain merupakan cerminan dan penerapan dari asas peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan, juga menjadi penghalang bagi mafia korupsi yang akan menyelinap melewati celah ini. Tidak lain karena proses layanannya transparan dengan pemantauan dan pengawalan ketat oleh seluruh aparatur PA Rantau. (WHM)

pelangi 1

Video Pembangunan Zona Integritas